Sabtu, 26 November 2011

10 Penyakit Paling Berbahaya di Dunia

1. HIV/AIDS
HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Keduanya tak membunuh manusia, namun melemahkan system pertahanan tubuh manusia dengan cara menyerang sel T. Sel T ini bagian dari darah yang memerangi penyakit. Ketika sel T lemah, seseorang akan mudah sakit. Kasus AIDS pertama kali muncul tahun 1981. Setelah itu 20 juta manusia meninggal karenanya. Belum ada obat untuk HIV atau AIDS.

2. TBC
TBC menyebar ketika penderita batuk atau bersin. Cipratan liur yang keluar dari batuk atau bersin tersebut jika terhirup orang yang sehat, akan langsung tertular penyakit tersebut. Salah satu gejalanya adalah batuk yang melebihi 2 minggu. Penderita juga batuk darah, merasa lelah dan tidak mau makan.

3. Malaria
Di Afrika dan sebagian Amerika Selatan, nyamuk adalah hewan pembunuh karena mereka membawa penyakit malaria. Ketika nyamuk mengigit, dia menyebarkan parasit ke darah yang akan menyebar dan berkembang dalam beberapa hari. Penderita akan gemetar, menggigil, seluruh tubuhnya terasa sakit dan lemas. Jika tidak segera ditangani, gejala tersebut diikuti oleh koma dan kematian.

4. Kolera
Penyebab kolera adalah mengkonsumsi air yang kotor. Penderita kolera kehilangan cairan tubuh melalui diare dan muntah-muntah yang bisa diatasi dengan banyak meminum campuran air garam dan gula. Namun kadang tak semudah itu, bagi penderita yang sudah gawat, bisa shok dan meninggal dalam hitungan jam.

5. Influenza
Mungkin karena seringnya flu menyerang, orang tak menganggap flu ini berbahaya. Ternyata flu menempati tempat ke 5 paling berbahaya. Flu terutama fatal bagi penderita asma, diabetes dan jantung. Flu yang parah dapat menyebabkan radang paru-paru. Tahun 1918 sekitar 20 juta orang meninggal karena flu di Amerika.

6. Virus Ebola
Virus yang sangat berbahaya ini muncul di pedalaman Afrika dan menular melalui hewan. Penderitanya mengalami pendarahan di dalam dan diluar tubuh; dari ginjal dan hati juga melalui mulut, hidung dan mata. Darah penderita Ebola juga berbahaya karena dapat menularkan penyakit tersebut meskipun setelah penderitanya meninggal. Itulah kenapa dokter dan perawat harus menggunakan masker, sarung tangan dan pakaian pelindung.

7. Cacar
Dulu, cacar merupakan penyakit yang paling dibeci sekaligus pembunuh jutaan orang di dunia. Dimulai dengan panas tinggi dan tubuh merasa sakit. Beberapa hari kemudian, bintik merah muncul di mulut penderita lalu menyebar ke seluruh tubuh. Bintik merah yang berisi air tersebut terasa sangat sakit. Tahun 1967, dimulai program vaksin cacar dan tahun 1980, cacar dianggap sudah tak ada lagi.

8. Wabah PES
Di Eropa tahun 1300an terjadi wabah pes yang disebabkan gigitan kutu tikus. Gigitan tersebut mengandung bakteri yang menyebar ke aliran darah, menyebabkan pembengkakan sebesar jeruk di leher, ketiak dan pangkal paha. Daerah yang bengkak tersebut kadang pecah, mengeluarkan darah dan nanah. Sekarang ini dokter dapat memberikan antibiotic untuk menyembuhkan pes.

9. Kanker
Kanker adalah penyakit yang paling terkenal dan mematikan. Kanker adalah penyakit sel tubuh. Sel kanker tumbuh dengan cepat. Tidak semua tumor menjadi kanker, namun ada baiknya orang yang memiliki tumor langsung memeriksakan dirinya ke dokter ahli.

10. Anthrax
Sebelum tahun 2001 anthrax disebarkan oleh hewan. Namun ketika seseorang tak dikenal menggunakan Anthrax sebagai senjata perang. Akhir tahun 2001 dan awal 2002, seseorang mengirimkan surat yang berisi serbuk putih yang ternyata adalah sepura anthrax yang jika tersentuh akan membuat kulit melepuh. Orang yang menghisap bubuk sepura anthrax akan batuk dan dadanya terasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Post