Sabtu, 26 November 2011

Intel Memamerkan Knights Corner Chip dengan 50 Core Berusaha Memecahkan Batas Exaflop


Sementara Intel telah berbicara tentang arsitektur Many Integrated Core (MIC)  pada beberapa waktu, dan kali ini mereka telah menunjukkan chip 50 core untuk pertama kalinya  pada konferensi superkomputer SC11. Knights Corner itulah nama kode chip 50-core yang akan bekerja sebagai co-prosesor untuk CPU prosesor Intel Xeon E5. Intel menyebutkan bahwa University of Texas akan membangun sebuah komputer (ukuran kecepatan komputasi) 10 petaflop dengan penggabungan tersebut.



Menariknya, Knights Corner merupakan hasil dari proyek Larrabee Intel GPU killer yang bisa dikatakan gagal dalam usaha Intel terjun ke jenis komputasi di mana prosesor grafis (GPU) mulai digunakan untuk umum tujuan komputasi. Namun, GPU dan Knights Corner sebenarnya memiliki banyak kesamaan: keduanya adalah array besar core processing, tetapi ada beberapa perbedaan:
Knights Corner dilengkapi dengan core dibangun pada arsitektur X86 Intel yang dekat dengan CPU biasa. Intel berpendapat bahwa dengan itu, mereka dapat memberikan toolset untuk pengembang yang lebih baik. Meskipun hal ini benar sampai batas tertentu, namun yang pasti X86 atau tidak, arsitektur heterogen ini relatif baru.
GPU di sisi lain cenderung lebih efisien daripada CPU dalam hal FLOPS per Watt, meskipun kami tidak yakin bagaimana Knights Corner dalam hal ini. Kami belum melihat angka-angka yang relevan mengenai hal ini, sehingga tidak melompat ke kesimpulan.
Dalam kasus apapun, semua orang tampaknya setuju bahwa hanya menambahkan CPU tidak akan seefisien menambahkan banyak-core chip ke dalam campuran. Nah yang mana akan mencapai batasan 1000 petaflop (Exaflop) pertama kali dan seberapa efisien…
Emang Intel tidak mau kalah dibanding AMD di mana kami baru kemarin menampilkan artikelAMD Opteron 6200 dengan 16 core.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftar Post