Kamis, 24 November 2011

Tips Meringankan Pengunjung Blog

Artikel kali ini admin Allien 99 ingin sharing sedikit pengalaman dalam dunia blogging. Mungkin tulisan ringan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan blogger terutama blogger pemula (termasuk admin). Tiap harinya blog yang kita kelola tentunya mendapat kunjungan dari pembaca maupun blogwalker dengan tujuan yang berbeda-beda. Mungkin tanpa kita sadari banyak pengunjung yang mengalami kesulitan ketika berkunjung. Tips meringankan pengunjung blog ini hanya berdasarkan hipotesa penulis sendiri. 

Sebelumnya admin mohon maaf karena judul artikel sedikit membingungkan 'Tips meringankan pengunjung blog' maksudnya adalah Tips untuk membantu pengunjung blog agar mudah mengakses halaman blog kita, karena terlalu panjang jadi disingkat seperti judul artikel di atas.
  
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan jumlah kunjungan :


Light weight Template
Semakin ringan suatu blog dalam proses loading akan membantu pengunjung mudah untuk memasuki halaman page kita dan membuat mereka nyaman pada kesan pertama. Loading yang terlalu berat mungkin akan membuat pengunjung enggan untuk berkunjung kembali dilain waktu atau bahkan membatalkan kunjungannya. Ingatlah bahwa tidak setiap orang memiliki kecepatan koneksi yang handal sehingga kita perlu memaklumi dan memperhatikan kenyamanan visitor blog kita.

Article Display on Page
Usahakan Tampilan artikel kita mudah dibaca, sederhana namun tetap ada sentuhan penataan yang baik. Lebih disarankan font artikel berwarna hitam dan background berwarna putih. Memiliki susunan paragraf yang terbagi dengan teratur sehingga pembaca lebih nyaman dalam menyimak tulisan kita.

SEO Friendly
Tampilan display yang sederhana (menurut para master) akan semakin baik dari sisi Search engine Optimation alias SEO friendly. proses indexing akan lebih mudah karena template yang belum banyak terdapat error karena pemasangan widget, iframe dll. 

Ketiga faktor diatas bisa membantu pengunjung lebih nyaman ketika berkunjung dan mungkin sedikit berlama-lama untuk melihat content artikel kita yang kita miliki. Selain itu hal ini bisa menunjang proses blogwalking diantara sesama blogger. Umumnya blogwalker sungkan untuk memberitahu kita bahwa loading blog sangat berat atau kurang nyaman dan hal ini yang mungkin tidak kita sadari.

Terlepas dari tips diatas, hal ini kembali kepada masing- masing pemilik blog karena hal ini jelas merupakan Hak pemilik blog. Faktor selera dan tujuan blogging berpengaruh dalam penataan blognya masing-masing, tapi bila kita ingin sedikit membantu meringankan nafas pengunjung kita mungkin tips sederhana ini bisa membantu.

Semoga bermanfaat dan Salam blogger dimanapun anda berada.
copyright@allien99

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftar Post