Kamis, 24 November 2011

Dial-Up Dengan Cepat

Beberapa hari yang lalu seorang teman blogger Ramuni bertanya pada kotak komentar kepada saya. Mas Ramuni nanya cara membuka koneksi dial-up dengan cepat dan cara memutuskan koneksi dial-up di komputer. Terus saya berfikir aja untuk buat artikel dengan topik ini aja. Sekalian menjawab pertanyaan itu. Kalau dijawab dikotak komentar bisa panjang tuh! Biar ada bahan postingan juga! he..he..:P

OK, langsung saja saya kasi tutorialnya. Pada dasarnya Windows melakukan koneksi dial-up atau memutuskan koneksi dial-up dengan cara memanggil program yang bernama Rasdial.exe. Program ini berada pada C:WindowsSystem32 (dengan anggapan instalasi windows Anda pada partisi C:). Agar program rasdial.exe itu tahu harus menyambung atau memutuskan koneksi dial-upharus dikasi parameter terlebih dahulu. Parameter yang dikasi juga tidak terlalu susah. Contoh parameternyamelakukan koneksi dial-up seperti ini. Anda bisa menggunakan kotak dialog Run dan mengetik:


rasdial.exe nama-koneksi username password
Pejelasan utnuk parameter koneksi adalah sebagai berikut:
  1. Parameter nama-koneksi
    Nama koneksi disini yang harus Anda masukkan adalah nama koneksi dial-upAnda. Misalnya Flash atau Telkomnet (maaf ya provider lain tidak saya sebutkan! Bukan promosi lho!). Kalau Anda tidak tahu dengan nama koneksi dial-up Anda. Bisa dilihat di Control Panel >> Network Connection. Jangan yang Local Area Connection.
  2. Parameter username
    Yang Anda masukkan pada parameter username ini adalah username dari koneksi dial-up Anda. Misalkan kalau Anda memakai Indosat durasi biasanya usernamenya adalah “indosat@durasi”. Kalau pada koneksi yang lain seperti flash tidak mengharuskan memakai username atau Anda tidak menggunakan uername pada koneksi dial-up Anda, parameter ini bisa dikosongkan.
  3. Parameter password
    Parameter ini hampir sama dengan parameter username, namun yang Anda masukkan adalah password dari koneksi dial-up tersebut. Misalkan seperti pada koneksi dial-up Indosat durasi passwordnya adalah “indosat@durasi” juga.
Dari penjelasan diatas bisa saya berikan contoh untuk membuat koneksi dial-up. Saya anggap Anda menggunakan koneksi dial-up Indosat durasi dengan nama koneksi “Indosatku”. Maka yang Anda ketik di kotak Run adalah “rasdial.exe Indosatku indosat@durasi indosat@durasi” (tanpa tanda kutip).
Sekarang bagaimana memutuskan koneksi dial-up tadi? Caranya hampir sama. Namun Anda tidak perlu lagi memasukkan username dan password. Namun hanya menambahkan parameter /disconnect dibelakang nama koneksi sehingga perintahnya menjadi:
rasdial.exe nama-koneksi /disconnect
Kalau pada koneksi dial-up indosat yang telah saya buat diatas tadi perintahnya menjadi:
rasdial.exe indosatku /disconnect
Sekarang bagaimana melakukan dial-up dengan cepat atau memutuskan koneksi dial-up dengan cepat seperti judul artikel ini? Caranya adalah dengan membuat shortcut untuk kedua perintah tadi pada desktop dan memberikannya shortcut key. Kalau Anda belum tahu cara membuat shortcut key pada sebuah shortcut, berikut langkah-langkahnya:
  1. Yang pertama kita buat adalah shortcut untuk melakukan koneksi dial-up.
  2. Klik kanan pada area kosong di desktop dan pilih New >> Shortcut.
  3. Pada jendela Create Shortcut, ketik perintah seperti diatas tadi. Tapi sesuaikan dengan koneksi dial-up Anda. Misalkan punya saya “rasdial.exe Indosatku indosat@durasi indosat@durasi” (tanpa tanda kutip). Kemudian klik Next.
  4. Pada jendela selanjutnya, berikan nama pada shortcut, misalkan “Dial Indosat” dan klik finish.
Shotcut icon koneksi dial-up telah selesai. Namun iconnya belum begitu menarik atau susah dikenali. Anda bisa mengganti icon dari shortcut tersebut. Cara mengganti icon shortcut bisa Anda baca diartikel saya yang berjudul Icon Shutdown, Reboot dan Log Off pada Desktop.
Sekarang saatnya Anda membuat shortcut key untuk shortcut icon tadi. Fungsinya agar Anda bisa mengakses koneksi dial-up dengan cepat menggunakan tombol keyboard. Caranya sebagai berikut:
  1. Klik kanan shortcut yang telah jadi tadi dan pilih Properties.
  2. Pada jendela icon Properties pilih tab Shortcut.
  3. Kemudian klik pada input shortcut key dan tekan tombol atau tombol kombinasi keyboard yang Anda inginkan. Misalkan Ctrl+Alt+D.
  4. Klik OK untuk menyimpan perubahan dan menutup jendela Icon Properties.
Semuanya telah selesai. Anda telah mempunyai shortcut untuk memulai koneksi dial-up. Sekarang cobalah menekan tombol kombinasi keyboard yang Anda masukkan tadi. Namun, sebelumnya ingatlah untuk mengklik pada area kosong di desktop dan modem telah terkoneksi ke komputer. Apakah shortcut Anda bekerja? Jika tidak, cobalah mendouble klik shortcut tadi. Jika koneksi dial-up dimulai, berarti shortcut key Anda sudah digunakan aplikasi lain. Cobalah menggantinya. Jika tidak juga bekerja, coba perikasa parameter command. Apakah ada yang salah? Jika ya cobalah memperbaikinya atau membuat shortcut baru dengan langkah-langkah diatas.
Nah sekarang Anda tinggal membuat shortcut untuk memutuskan koneksi dial-up. Caranya sama dengan membuat shortcut koneksi dial-up. Namun, ingatkan untuk merubah parameternya yaitu menghilangkan username dan password, kemudian menambahkan parameter “/disconnect”. Contohnya “rasdial.exe indosatku /disconnect” (tanpa tanda kutip). Ingat juga untuk memberikan shortcut key yang berbeda dari shortcut key untuk memulai koneksi dial-up tadi.
Sampai disini tips dan tutorial yang bisa dapat saya berikan. Maaf tanpa gambar sedikitpun. Kalo Anda ingin yang ada screen shotnya, Anda bisa download versi PDF melalui link yang saya berikan di bwah. Buat Anda sekalian, khususnya Mas Ramuni semoga artikel yang berantakan ini bisa membantu. Sebagai catatan tips ini bekerja di Windows XP dan Windows 7. Untuk vista saya belum coba. He.. Kalo yang pake Vista dicoba aja ya! Selamat mencoba!
Ingin versi PDF? Click link di bawah:
Link 1: Download PDF Dial-Up dengan Cepat 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftar Post