Sabtu, 26 November 2011

Menyingkap Rahasia Cara Menaikkan Page Rank


Menyingkap Rahasia Cara Menaikkan Page Rank (PR).  Beberapa teman merasa “heran”  denganpage rank blog  ini yang mencapai grade 6. Setelah cukup lama bertengger di posisi 4. Mereka menanyakan Rahasia Caranya atau Tip dan Trik Menaikkkan Page Ranksebuah situs. Jelas saya bukan ahli untuk menjawab pertanyaan sulit semacam itu.

Sejujurnya saya tidak begitu peduli dengan soal-soal menyangkut page rank, lantaran saya bukanlah pelaku bisnis online. Tidak pula berhasrat mendapatkan keuntungan materi dari penayangan iklan afiliasi. Bagi pelaku bisnis online atau pemilik situs yang juga memasang iklan afiliasi, Page Rank adalah Raja (Page Rank is the King). Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada mereka, mohon maaf, barangkali untuk soal yang satu ini kita berbeda sudut pandang.
Lantaran tidak mau ambil pusing dengan page rank dimaksud, dan nothing to lose bagaimana posting-posting yang saya publikasi bermanfaat bagi pembaca, lambat laun page rank blog ini juga naik perlahan-lahan. Rahasia cara menaikkan page rank itu sesungguhnya tidak usah jauh-jauh dicari. Ia sudah melekat semenjak pembaca memulai aktivitas mengelola situs.  Menjadi ciri bawaan. Ciri bawaan itu: buatlah posting-posting yang berfaedah bagi pembaca.
Selanjutnya, bagi mesin pencari semacam Google, posting bermanfaat tersebut dinilai dari tingkat relevansi antara hasil pencarian kata kunci yang diperoleh dengan bobot  tulisan. Output atau sasaran akhirnya tingkat kepuasan para pencari kata kunci tersebut. Senyawa tingkat relevansi antara hasil pencarian kata kunci, bobot tulisan dan kepuasan pencari kata kunci inilah –berdasarkan pengalaman–  yang akan mendapat skor pemeringkatan page rank.
Oleh karenanya, sebanyak apapun anda melakukan back link (sebagai salah satu teknik menaikkan page rank), namun tingkat relevansinya rendah, maka besar kemungkinan page rank situs itu tidak beranjak. Perlu kita pahami pula bahwa teknologi mesin pencari makin hari makin pintar, dan rasanya (walaupun bisa) sulit ditipu.
***
Semua situs yang memiliki kredibilitas tinggi di mata pembacanya,  dan hampir rata-rata punya page rank tinggi, saya kira juga tidak terlalu ambil pusing dengan soal-soal page rank. Mereka cenderung lebih berorientasi kepada konten. Semboyan mereka, Konten adalah Raja (Contents is the King).
Kredibilitas yang dibangun dengan semboyan Konten adalah Raja, menyebabkan posting-posting yang dirilis benar-benar memenuhi rasa dahaga informasi dan keingintahuan para pembacanya. Ganjaran dari service yang bermanfaat itu berupa kenaikan page rank.
Oleh karena itu, sedari awal fokuskan situs kita berorientasi pada konten.  Buatlah posting orosinil,  memiliki ciri khas tersendiri (unik), dibuat sungguh-sungguh, dan bermanfaat bagi orang lain. Selanjutnya promosikan konten melalui jalur-jalur yang ada. Dengannya para pembaca kita tidak segan-segan membuat link atas beberapa posting di konten situs kita itu.
Seiring perjalanan waktu pastilah page rank situs kita akan beranjak naik. Hanya sayang, banyak dari kita ingin cara instan. Mustinya segala sesuatu itu melalui proses. Lantaran dari proses itulah yang akan mendewasakan diri kita dan membentuk pengalaman yang tiada ternilai.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftar Post