Menyingkap Rahasia Cara Menaikkan Page Rank (PR).
Beberapa teman merasa “heran” denganpage rank blog ini yang
mencapai grade 6. Setelah cukup lama bertengger di posisi 4. Mereka
menanyakan Rahasia Caranya atau Tip dan Trik Menaikkkan Page Ranksebuah
situs. Jelas saya bukan ahli untuk menjawab pertanyaan sulit semacam itu.
Sejujurnya saya tidak begitu peduli dengan soal-soal
menyangkut page rank, lantaran saya bukanlah pelaku bisnis online.
Tidak pula berhasrat mendapatkan keuntungan materi dari penayangan iklan
afiliasi. Bagi pelaku bisnis online atau pemilik situs yang juga
memasang iklan afiliasi, Page
Rank adalah Raja (Page Rank is the King). Tanpa mengurangi rasa hormat
saya pada mereka, mohon maaf, barangkali untuk soal yang satu ini kita berbeda
sudut pandang.
Lantaran tidak mau ambil pusing dengan page
rank dimaksud, dan nothing to lose bagaimana posting-posting
yang saya publikasi bermanfaat bagi pembaca, lambat laun page rank blog
ini juga naik perlahan-lahan. Rahasia cara menaikkan page rank itu
sesungguhnya tidak usah jauh-jauh dicari. Ia sudah melekat semenjak pembaca
memulai aktivitas mengelola situs. Menjadi ciri bawaan. Ciri bawaan itu:
buatlah posting-posting yang berfaedah bagi pembaca.
Selanjutnya, bagi mesin pencari semacam Google,
posting bermanfaat tersebut dinilai dari tingkat relevansi antara hasil
pencarian kata kunci yang diperoleh dengan bobot tulisan. Output atau
sasaran akhirnya tingkat kepuasan para pencari kata kunci tersebut. Senyawa
tingkat relevansi antara hasil pencarian kata kunci, bobot tulisan dan kepuasan
pencari kata kunci inilah –berdasarkan pengalaman– yang akan mendapat
skor pemeringkatan page rank.
Oleh karenanya, sebanyak apapun anda melakukan back
link (sebagai salah satu teknik menaikkan page rank), namun tingkat
relevansinya rendah, maka besar kemungkinan page rank situs itu tidak
beranjak. Perlu kita pahami pula bahwa teknologi mesin pencari makin hari makin
pintar, dan rasanya (walaupun bisa) sulit ditipu.
***
Semua situs yang memiliki kredibilitas tinggi di
mata pembacanya, dan hampir rata-rata punya page rank tinggi,
saya kira juga tidak terlalu ambil pusing dengan soal-soal page rank.
Mereka cenderung lebih berorientasi kepada konten. Semboyan mereka, Konten
adalah Raja (Contents is the King).
Kredibilitas yang dibangun dengan semboyan Konten
adalah Raja, menyebabkan posting-posting yang dirilis benar-benar memenuhi rasa
dahaga informasi dan keingintahuan para pembacanya. Ganjaran dari service yang
bermanfaat itu berupa kenaikan page rank.
Oleh karena itu, sedari awal fokuskan situs kita
berorientasi pada konten. Buatlah posting orosinil, memiliki ciri
khas tersendiri (unik), dibuat sungguh-sungguh, dan bermanfaat bagi orang lain.
Selanjutnya promosikan konten melalui jalur-jalur yang ada. Dengannya para
pembaca kita tidak segan-segan membuat link atas beberapa posting di konten
situs kita itu.
Seiring perjalanan waktu pastilah page rank situs
kita akan beranjak naik. Hanya sayang, banyak dari kita ingin cara instan.
Mustinya segala sesuatu itu melalui proses. Lantaran dari proses itulah yang
akan mendewasakan diri kita dan membentuk pengalaman yang tiada ternilai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar