Sabtu, 26 November 2011

Misteri Toko Indonesia di Pasar Tua Dubai


Selalu tanya mengelayuti hati setiap diriku melewati toko ini.Mengapa sepi dan selalu terkunci ? Berlokasi di sebuah tempat pinggir kali seharusnya toko ini dapat menjadi ajang promosi . Adalah Bastaqiya orang sini menyebutnya,kita-kita  TKI memanggilnya pasar tua.
Area ini memang sengaja tidak di ubah tetap dengan gaya pasar jaman baheula di mana Dubai belum lah seramai sekarang. Ada nuansa  khas timur tengah bercampur dengan aroma persia. Banyak pedagang India yang mangkal di sini.Mereka kebanyakan menjual kain-kain dan berbagai cindera mata.
Bastaqiya memang di jadikan oleh pemerintah Dubai sebagai OTW = Objek Tujuan wisata,mungkin untuk mengimbangi objek-objek wisata yang terlalu ” jadi-jadian ” sehingga ada harmonisasi sesuai slogan yang mereka sering gembar-gemborkan.

Pertemuan antara tradisonalisme dan modernisme seringkali berakibat fatal,mereka -mereka yang menganggap dirinya tradisional sering kali merasa terancam dengan kehadiran simbol-simbol masa depan,coba aja tengok nasib pasar-pasar tradisonal di negeri kita.
Mungkin tidak memakan waktu lama lagi pasar-pasar tradisional di tanah air  akan bernasib sama dengan Bastaqiya,yakni hanya menjadi tujuan objek wisata,itu juga kalo ada yang mau datang. Bastaqiya masih beruntung karena masih ramai di kunjungi dan para pedagang pun masih dapat berjualan.
Teramat sering aku melewati kawasan ini namun tetap saja toko Indonesia itu tidak pernah terbuka.Ada apa dengan toko itu,siapa yang memilikinya ? Apakah orang Indonesia,Arab atau India ? sampai sekarang belum ada yang tahu.
Tidak jauh dari toko berjejer perahu-perahu yang akan mengangkut penumpang menuju Deira sebuah kawasan yang ramai dan penuh dengan godaan.Saya pernah menulis tentang godaan ini ,bagaimana calo-calo menawarkan gadis-gadis muda sebagai pelepas dahaga.
Mereka menawarkan dengan cara berbisik-bisik ke telinga kita,tak kuat iman pertanda kita akan mengangguk lalu di ajaklah kita menyusuri jalan-jalan padat hingga sampai ke tempat transaksi. begitulah menurut penuturan teman dari India yang pernah melakukan transaksi.
Masih dekat dengan Toko Indonesia itu ada pula sebuah kuil di mana umat Hindu beribadah,uniknya pas di sebelah kuil itu berdiri sebuah masjid,sangat dekat sekali,inilah mungkin salah satu harmonisasi yang dapat kita temukan di negeri imut nan mungil ini.
Toko Indonesia itu sebenarnya sangat strategis letaknya,setiap orang yang melewati Bastaqiya pasti akan melihat toko ini..
kapan aku melihat toko ini  terbuka ? entahlah,sepertinya sampai lebaran monyet pun toko Indonesia di pasar tua Dubai akan tetap di selimuti misteri.Bukankah orang Indonesia adalah penyuka misteri nomor wahid di dunia,lihatlah betapa banyak kasus yang sebenarnya terang benderang tapi di buat menjadi misteri, kasus century misalnya atau kasus tragedi trisakti.
Sampai saat ini dua kasus tersebut tetap menjadi misteri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Daftar Post